STKIP PGRI BLITAR

PENERAPAN SQUARE ANALYSIS MATHEMATIC (SAMAT) MELALUI INSTA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DI MTs AL MUSLIHUUN TLOGO BLITAR

Dhitamas , Septia Nurjanah and Riki , Suliana and Suryanti , Suryanti (2022) PENERAPAN SQUARE ANALYSIS MATHEMATIC (SAMAT) MELALUI INSTA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DI MTs AL MUSLIHUUN TLOGO BLITAR. Cakrawala Pendidikan, 26 (2). pp. 11-23. ISSN 1410-9883

[img]PDF
1090Kb

Official URL: http://digilib.stkippgri-blitar.ac.id

Abstract

penerapan media pembelajaran Square Analysis Mathematic (SAMAT) melalui INSTA secara berkelompok yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas mengacu pada model penelitian Kemmis dan Taggart, yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan Square Analysis Mathematic (SAMAT) melalui INSTA secara berkelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar segi empat di Kelas VIIA MTs Al Muslihuun Tlogo Blitar dengan langkah-langkah penerapan, yaitu: 1) menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, 2) penyajian materi, 3) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar, 4) belajar kelompok, 5) mengenali masalah, 6) menganalisis masalah, 7) penilaian, 8) pengakuan tim. Kata Kunci: Square Analysis Mathematic (SAMAT), INSTA Abstract: This study aims to obtain a description of the application of learning media Square Analysis Mathematic (SAMAT) through INSTA in groups that can improve student learning outcomes on the rectangular building material. The type of research in this study is a classroom action research that refers to the Kemmis and Taggart research model, namely planning, action, observation, and reflection. The results showed that through the application of Square Analysis Mathematic (SAMAT) learning media through INSTA in groups can improve students' learning outcomes in the rectangular building material in Class VIIA MTs Al Muslihuun Tlogo Blitar, with implementation steps, namely: 1) learning and motivating students; 2) presentation of materials; 3) organizing students into study groups; 4) group learning; 5) problem identification; 6) analyzing problems; 7) assessment; 8) team recognition. Keyword: Square Analysis Mathematic (SAMAT), INSTA

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:978
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:25 Feb 2023 12:12
Last Modified:25 Feb 2023 12:12

Repository Staff Only: item control page