STKIP PGRI BLITAR

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA KARTU SOAL PADA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII-A SMPN 1 KESAMBEN

Indah , Kurniasari and Sitta , Khoirin Nisa and Cicik , Pramesti and Fitria , Yunaini (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA KARTU SOAL PADA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII-A SMPN 1 KESAMBEN. Cakrawala Pendidikan, 26 (2). pp. 94-101. ISSN 1410-9883

[img]PDF
933Kb

Official URL: http://digilib.stkippgri-blitar.ac.id

Abstract

Abstrak: Pembelajaran merupakan suatu sistem atau proses membelajarkan subjek didik yang direncanakan atau didesain, dilaksanakan, dan dievaluasi secara sistematis agar subjek didik dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan media kartu soal pada materi statistika siswa kelas VIII-A SMPN 1 Kesamben Kabupaten Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 19% dan setelah menggunakan siklus I melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang dilakukan oleh peneliti ketuntasan klasikal menjadi 97%. Sedangkan hasil rata-rata observasi siswa oleh observer 1 dan 2 sebesar 89% dengan kategori baik dan hasil observasi guru oleh observer 1 dan 2 sebesar 91% dalam kategori sangat baik. Kata Kunci: Penerapan, Kooperatif, Think Pair Share, Hasil Belajar. Abstract: Learning is a system or process of teaching learners lessons planned or designed, implemented, and evaluated systematically so that learners can achieve learning objectives effectives effectively and efficiently. This research is to describe the application of the model cooperative learning type think pair share with question card media on material statistic class VIII-A SMPN 1 Kesamben Kabupaten Blitar. The type of education used in classroom action research. The results of research is an increase in learning outcomes by 19% and after using cycle 1 through cooperative learning model type of talking chips done by researchers classical completeness to 97%. While the average result of student observation by observer 1 and 2 equal to 89% with good category and result of observation of teacher by observer 1 and 2 equal 91% in very good category. Key Word: Application, Cooperative, Think Pair Share, Learning Results.

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:983
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:25 Feb 2023 12:53
Last Modified:25 Feb 2023 12:55

Repository Staff Only: item control page