STKIP PGRI BLITAR

ANALISIS PROSES BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN INVERS

Sindy , Anggretha Mirabella W.P and M. Khafid , Irsyadi and Kristiani, Kristiani (2022) ANALISIS PROSES BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN INVERS. Cakrawala Pendidikan, 26 (2). pp. 144-154. ISSN 1410-9883

[img]PDF
893Kb

Official URL: http://digilib.stkippgri-blitar.ac.id

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah pada materi fungsi komposisi dan invers. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Kualitatif. Dengan 4 sampel yang dibagi 3 kategori tinggi, sedang, dan rendah. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) 57,14% siswa termasuk kedalam tingkatan berkemampuan tinggi.yaitu siswa yang mampu melalui ketiga fase berpikir reflektif; (2) 28,57% siswa termasuk kedalam tingkatan cukup reflektif yaitu siswa berkemampuan sedang. Siswa dikatakan cukup reflektif karena hanya mampu melalui dua fase dalam berpikir reflektif yaitu mengidentifikasi masalah dan mengumpulkan ide atau mengumpulkan ide dan menentukan solusi. (3) 14,28% siswa termasuk kedalam tingkatan kurang reflektif yaitu siswa berkemampuan rendah. Siswa dikatakan kurang reflektif karena hanya mampu melalui satu fase dalam berpikir reflektif yaitu mengidentifikasi masalah atau mengumpulkan masalah. Kata Kunci: Berfikir Reflektif, Fungsi Komposisi dan invers Memecahkan masalah, Matematika. Abstract: This study aims to describe the reflective thinking process of students in problems solving in the composition and inverse function material. The type of research conducted was Qualitative Research. With 4 samples divided into 3 categories high, medium and low. Data collection techniques in this study were tests and interviews. Based on data analysis, the results of this study can be concluded that: (1) 57.14% of students are included in the high-level ability. That is, students who are able to go through all three phases of reflective thinking; (2) 28.57% of students are included in the level of sufficiently reflective of moderate ability students. Students are said to be quite reflective because they are only able to go through two phases in reflective thinking, namely identifying problems and gathering ideas or gathering ideas and determining solutions. (3) 14.28% of students included in the level of less reflective of low ability students. Students are said to be less reflective because they are only able to go through one phase of reflective thinking, namely identifying problems or gathering problems Keywords: Reflective Thinking, Composition and Inverse Function, Problems Solving, Mathematics

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:987
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:25 Feb 2023 13:37
Last Modified:25 Feb 2023 13:38

Repository Staff Only: item control page