STKIP PGRI BLITAR

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI KRULIK DAN RUDNICK PADA SISWA SMK

Zuli , Fatmawati and Cicik , Pramesti and Suryanti , Suryanti and Ayu , Silvi Lisvian Sari (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI KRULIK DAN RUDNICK PADA SISWA SMK. Cakrawala Pendidikan, 26 (2). pp. 178-187. ISSN 1410-9883

[img]PDF
1040Kb

Official URL: http://digilib.stkippgri-blitar.ac.id

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang masih rendah. Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah dalam mengerjakan soal materi barisan dan deret. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa kelas X-OTKP di SMK PGRI 4 Blitar. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Dari penelitian diperoleh hasil kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal barisan dan deret berdasarkan Teori Krulik dan Rudnick. Kemampuan pemecahan masalah matematika pada tahap Read and Think (Membaca dan Berpikir) (66,67%), pada tahap Explore and Plan (Ekplorasi dan Merencanakan) (66,67%), pada tahap Select a Strategy (Memilih Strategi) (50%), pada tahap Find an Answer (Mencari Jawaban) (50%), dan pada tahap Reflect and Extend (Refleksi dan Mengembangkan) (33,33%). Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematika, Teori Krulik dan Rudnick Abstract: This research is motivated by the level of students' mathematical problem solving ability which is still low. The purpose of this study was to determine the level of problem-solving ability in working on line and series problems. This research is a qualitative descriptive study. The research subjects consisted of 6 students of class X-OTKP at SMK PGRI 4 Blitar. The research instrument consisted of a problem-solving ability test and an interview guide. From the research, the results of problem solving in solving row and series problems are based on Krulik and Rudnick's theory. Ability to solve mathematical problems at the Read and Think stage (66.67%), at the Explore and Plan stage (66.67%), at the Select a Strategy stage (50% ), at the Find an Answer stage (50%), and at the Reflect and Extend stage (33.33%). Keywords: Mathematical Problem Solving, Krulik and Rudnick Theory

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:992
Deposited By:FERI HUDA, M.Pd
Deposited On:01 Mar 2023 21:38
Last Modified:01 Mar 2023 21:38

Repository Staff Only: item control page