STKIP PGRI BLITAR

PEMANFAATAN APLIKASI KAHOOT PADA PEMBELAJARAN ALJABAR ELEMENTER

Ayu , Silvi Lisvian Sari and Cicik, Pramesti and Suryanti, Suryanti and Riki, Suliana R.S. (2023) PEMANFAATAN APLIKASI KAHOOT PADA PEMBELAJARAN ALJABAR ELEMENTER. Cakrawala Pendidikan, 27 (1). pp. 1-11. ISSN 1410-9883

[img]PDF
1344Kb

Official URL: http://digilib.stkippgri-blitar.ac.id/

Abstract

Abstrak: Dunia telah memasuki era revolusi industry 5.0 atau lebih tepatnya dimana teknologi sudah mengambil alih dunia sehingga menjadi basis dalam setiap aspek kehidupan manusia, salah satunya aspek pendidikan. Saat ini, teknologi sangat mempengaruhi segala urusan di dunia pendidikan mulai dari proses persiapan pembelajaran hingga proses evaluasi pembelajaran baik di jenjang sekolah maupun perguruan tinggi. Dalam proses pembelajaran terdapat suatu system yang saling berpengaruh satu sama lainnya. Salah satunya adalah adanya media pembelajaran yang juga mendapat pengaruh dari teknologi. Salah satunya adalah aplikasi Kahoot. Aplikasi Kahoot adalah salah satu aplikasi yang diterapkan sebagai media pembelajaran pada Mata Kuliah Aljabar Elementer untuk mahasiswa pendidikan matematika UNIPA Kampus Blitar. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi kahoot pada mata kuliah Aljabar Elementer untuk mahasiswa Pendidikan Matematika UNIPA Kampus Blitar dan respon mereka terhadap pemanfaatn aplikasi Kahoot untuk mata kuliah Aljabar Elementer. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini memanfaatkan teknik observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah (1) penggunaan aplikasi kahoot pada mata kuliah Aljabar Elementer sudah dapat dikatakan baik, (2) penggunaan aplikasi kahoot dalam pembelajaran mata kuliah Aljabar Elementer digunakan sebagai alat bantu dosen dalam mengevaluasi tingkat pemahaman siswa dalam materi tertentu, (3) respon mahasiswa terhadap pemanfaatan aplikasi kahoot dalam mata kuliah aljabar Elementer dalam kategori baik. Kata Kunci: pemanfaatan, kahoot, aljabar elementer Abstrak: The world has entered the era of the industrial revolution 5.0 or to be more precise where technology has taken over the world so that it has become the basis for every aspect of human life, one of which is education. At present, technology greatly influences all matters in the world of education, starting from the learning preparation process to the learning evaluation process, both at the school and tertiary levels. In the learning process there is a system that influences each other. One of them is the existence of learning media which is also influenced by technology. One of them is the Kahoot application. The Kahoot application is one of the applications that is applied as a learning medium in Elementary Algebra Courses for mathematics education students at UNIPA Campus Blitar. The purpose of this study was to describe the use of the kahoot application in Elementary Algebra courses for Mathematics Education students at UNIPA Blitar Campus and their responses to the use of the Kahoot application for Elementary Algebra courses. This type of research is research with a descriptive approach. Data collection in this study used observation techniques and questionnaires. The results of this study are (1) the use of the kahoot application in Elementary Algebra courses can be said to be good, (2) the use of the kahoot application in learning Elementary Algebra courses is used as a tool for lecturers in evaluating students' level of understanding in certain materials, (3) responses students regarding the use of the kahoot application in Elementary algebra courses in the good category. Keywords: utilization, kahoot, elementary algebra

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:995
Deposited By:FERI HUDA, M.Pd
Deposited On:11 Aug 2023 14:15
Last Modified:11 Aug 2023 14:15

Repository Staff Only: item control page