STKIP PGRI BLITAR

ANALISIS TINGKAT KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X APHPi SMK NEGERI 1 BAKUNG DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL TRIGONOMETRI

Farida , Yuni Kristiana and Riki , Suliana and Cicik, Pramesti (2023) ANALISIS TINGKAT KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X APHPi SMK NEGERI 1 BAKUNG DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL TRIGONOMETRI. Cakrawala Pendidikan, 27 (1). pp. 20-33. ISSN 1410-9883

[img]PDF
1305Kb

Official URL: http://digilib.stkippgri-blitar.ac.id/

Abstract

Abstrak: Matematika merupakan mata pelajaran yang penting namun banyak siswa yang merasa kesulitan dalam belajar matematika. Kesulitan belajar matematika merupakan suatu bentuk ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan atau melakukan proses belajar dengan maksimal pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan keadaan tersebut peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis tingkat kesulitan belajar siswa kelas X APHPi (Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan) SMK Negeri 1 Bakung dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri. Kriteria kesulitan belajar dalam penelitian ini yaitu; (1) kesulitan dalam memahami bahasa matematika, (2) kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, dan (3) kesulitan dalam menghitung. Jenis penelitian ini adalah studi kasus terperancang dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X APHPi (Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan) SMK Negeri 1 Bakung tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel penelitian sejumlah 3 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi, 1 siswa berkemampuan sedang, dan 1 siswa berkemampuan rendah. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri pada indikator kesulitan dalam memahami bahasa matematika berada pada tingkatan rendah. Tingkat kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri pada indikator kesulitan dalam mentransfer pengetahuan berada pada tingkatan rendah. Tingkat kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri pada indikator kesulitan dalam menghitung berada pada tingkatan sedang. Kata Kunci: analisis, kesulitan belajar siswa, soal-soal trigonometri Abstract: Mathematics is an important subject but many students find it difficult to learn mathematics. Difficulty in learning mathematics is a form of students' inability to complete or carry out the learning process optimally in mathematics subjects. Based on this situation, the researcher conducted a study that aimed to analyze the level of learning difficulties of students of class X APHPi (Agribusiness Processing Fishery Products) at SMK Negeri 1 Bakung in solving trigonometry problems. The criteria for learning difficulties in this study are; (1) difficulty in understanding mathematical language, (2) difficulty in transferring knowledge, and (3) difficulty in calculating. This type of research is a case study designed with a qualitative descriptive research approach. The subjects in this study were students of class X APHPi (Agribusiness Processing Fishery Products) SMK Negeri 1 Bakung for the academic year 2021/2022 with a research sample of 3 students consisting of 1 high-ability student, 1 medium-ability student, and 1 low-ability student. The results showed that the level of student learning difficulties in solving trigonometric questions on the indicator of difficulty in understanding the language of mathematics was at a low level. The level of student learning difficulties in solving trigonometric questions on the indicator of difficulty in transferring knowledge is at a low level. The level of students' learning difficulties in solving trigonometric questions on the indicator of difficulty in calculating is at a moderate level. Keywords: analysis, student learning difficulties, trigonometry question

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:997
Deposited By:FERI HUDA, M.Pd
Deposited On:11 Aug 2023 14:31
Last Modified:11 Aug 2023 14:31

Repository Staff Only: item control page