STKIP PGRI BLITAR

LKPD BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI EKSPONEN DAN LOGARITMA

Fitria , Yunaini (2023) LKPD BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI EKSPONEN DAN LOGARITMA. Cakrawala Pendidikan, 27 (1). pp. 47-65. ISSN 1410-9883

[img]PDF
1737Kb

Official URL: http://digilib.stkippgri-blitar.ac.id/

Abstract

Abstrak: Masih minimnya bahan ajar yang mendukung proses pembelajaran eksponen dan logaritma untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik menyebabkan kemampuan ini belum optimal. Tujuan dari penelitian dan pengembangan yaitu untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis mind mapping yang valid dan layak dalam mendukung peningkatkan penalaran matematis peserta didik pada materi eksponen dan logaritma. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Artikel ini memaparkan sampai tahap pengembangan saja. Tahap analisis dilakukan melalui analisis kurikulum, analisis karakteristik peserta didik, dan analisis materi, sedangkan tahap desain dilakukan dengan persiapan pembuatan produk, penyusunan kerangka dasar terkait materi, dan penyusunan instrumen produk. Selanjutnya, tahap pengembangan terdiri dari pembuatan produk LKPD berbasis mind mapping, validasi lembar kerja, uji kepraktisan lembar kerja, dan uji kelayakan lembar kerja. Subjek penelitian pada tahap analisis adalah guru matematika dan peserta didik, tahap desain adalah peneliti, sedangkan tahap pengembangan adalah tiga ahli sebagai validator, guru pengguna sebagai praktisi, dan enam peserta didik Madrasah Aliyah Al Hidayah Termas Baron kelas X tahun ajaran 2023/2024. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pengembangan LKPD berbasis mind mapping memiliki kategori valid. Setelah dinyatakan valid, uji kepraktisan dilaksanakan kepada guru pengguna dan dinyatakan praktis dengan skor rata-rata 4,00. Setelah dinyatakan praktis, uji kelayakan dilakukan kepada peserta didik dengan penyebaran angket dan dinyatakan sangat layak digunakan dengan skor rata-rata 4,05. Kata kunci: lembar kerja peserta didik (LKPD), mind mapping, penalaran matematis Abstract: The lack of teaching materials that support the exponential and logarithmic learning process to improve students' mathematical reasoning abilities causes this ability to be not optimal. The purpose of research and development was to develop student worksheets based on mind mapping that was valid and feasible in supporting the improvement of mathematical reasoning on exponential and logarithmic material. The research used the ADDIE development (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). This article describes only the development stage. First, the analysis phase is carried out through curriculum analysis, student characteristics, and material analysis. In contrast, the design phase is carried out with the preparation of product manufacture, the basic framework related to material, and the trial of product instruments. Next, the development stage consists of making LKPD products based on mind mapping, validation of worksheets, practicality tests, and feasibility tests of worksheets. The research subjects in the analysis stage are mathematics teachers and students, while the researcher is in the design stage. In contrast, the development stage is three experts as validators, user teachers as practitioners, and six students of Madrasah Aliyah Al Hidayah Termas Baron class X in the 2023/2024 academic year. The research data were obtained through observation, documentation, interviews, and questionnaires. The study results indicate that the mind mapping-based LKPD development design has a good category. After being declared valid, the practicality test was carried out on the user teacher and claimed practical with an average score of 4.00. After being declared applicable, the feasibility test was carried out to students by distributing questionnaires and was declared very suitable for use with an average score of 4.05. Keywords: student worksheet (LKPD), mind mapping, mathematical reasoning

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:999
Deposited By:FERI HUDA, M.Pd
Deposited On:11 Aug 2023 14:42
Last Modified:11 Aug 2023 14:42

Repository Staff Only: item control page