STKIP PGRI BLITAR

PEMAHAMAN MAHASISWA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM

Dewi, Zemmy Indra Kumala (2017) PEMAHAMAN MAHASISWA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. Cakrawala Pendidikan, 20 (1). pp. 126-132. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
4Mb

Abstract

Abstrak : Pendekatan untuk melakukan diagnosis dan pemecahan masalah belajar mahasiswa belum efisien. Akibatnya kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap materi belum terpecahkan. Proses pemahaman menurut Bloom terdiri atas enam ranah, yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sitesis, dan evaluasi. Pemahaman mahasiswa dapat dilihat dengan menganalisa hasil kerja mahasiswa. Berdasarkan uraian tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman mahasiswa berdasarkan taksonomi Bloom. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa mahasiswa dengan kemampuan tinggi kemampuannya berada pada ranah aplikasi, mahasiswa dengan kemampuan sedang berada pada ranah aplikasi dan mahasiswa dengan kemampuan rendah berada pada ranah pengetahuan. Kata Kunci : Pemahaman, Taksonomi Bloom Abstract : The approach to diagnosis and solve student learning problems has not been efficient. As a result the lack of understanding of the students on the material has not been solved. The process of understanding by Bloom consists of six levels, namely knowledge, comprehension, application, analysis, synthesis, and evaluation. Understanding of the student can be seen by analyzing student work. Based on the description, this study aims to describe students' understanding based on Bloom's taxonomy. The results of this study found that students with high ability in the realm of application skills, students with medium ability is in the realm of application and students with low ability is in the realm of knowledge. Key Words : Understanding, Bloom's Taxonomy

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:733
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:09 Feb 2018 03:36
Last Modified:09 Feb 2018 03:36

Repository Staff Only: item control page